Thursday, October 20, 2016

Teknik Pengambilan Data dalam Penelitian Psikologi

Dalam berbagai penelitian ilmiah banyak sekali teknik teknik pengambilan data yang bertujuan untuk membantu kita dalam mengobservasi penelitian tersebut. Pengambilan data ini juga beragam berdasarkan jenis kejuruan atau keilmuan yang kita pelajari.

Di psikologi sendiri ada beberapa teknik pengambilan data untuk sebuah penelitian, yaitu antara lain:

1. Kuesioner
Kuesioner berisi pertanyaan pertanyaan yang dituliskan oleh sang peneliti lalu akan dijawab secara langsung oleh subjek penelitian. Kuesioner ini paling sering digunakan dalam beberapa penilitian karena caranya lebih mudah tetapi ada kekurangannya yaitu ada beberapa subjek yang akan mengisi kuesioner secara tidak jujur atau hanya sekedar mengisi saja dengan tidak melihat pertanyaannya. Ini sangat berpengaruh pada penilitian si observer atau peneliti.
Contoh Kuesioner

2. Wawancara dan Observasi
Mungkin telinga kita tidak asing lagi mendengar kata wawancara, ya wawancara adalah menjawab pertanyaan yang diajukan oleh sang peneliti atau observer. Wawancara di dalam teknik pengambilan data di psikologi lebih kearah pendapat atau apa yang dirasakan oleh subjek terkait topik yang sedang diteliti. Lalu ada observasi, observasi ialah memperhatikan kejadian secara akurat, mencatat fenomena yang muncul, dan hubungan antar aspek di fenomena tersebut. Sebenarnya kegiatan observasi sendiri merupakan kegiatan dasar dalam psikologi karena kegiatan ini sangat sering digunakan.















3. Eksperimen
Eksperimen mungkin pengambilan data yang dilakukan oleh ilmuan psikologi karena disini sangat dibutuhkan pengalaman juga ilmu yang banyak tentang psikologi. Karena eksperimen merupakan metode memanipulasi/perlakuan terhadap suatu variabel atau subjek penelitian. Eksperimen bisa dilakukan di laboratorium dan dalam konteks lingkungan yang riil atau naturalistic.
Salah satu eksperimen skinner tentang Operant Conditioning

Oke gaeees terima kasih udah melihat postinganku hari ini semoga bermanfaat yaa:)

0 komentar:

Post a Comment