Sunday, October 16, 2016

Ilmu Psikologi

Kemarin saat aku ke pergi ke Minimarket deket rumah aku dihampirin sama mbak mbak cantik SPG, dia nawarin aku sebuah voucher waterpark. Nah, aku terpesona sama senyum mbaknya makanya aku hanya diam dan menatap matanya (eaaak baperan amat sih aku wkwkw). Terus karena si mbak nya bingung aku diam terus jadinya dia nanya "Mas maaf, mas masih kuliah ya? Jurusan apa mas?" aku cuman bilang "Psikologi mbak" dan reaksi mbaknya kaget trus bilang "Berarti mas daritadi membaca pikiran saya yah? Aduh mas maaf ya eh mas bisa terawang sifat saya gak mas?" WTF? Mbak plis deh aku ini psikologi bukan dukun.

Apa emang ya semua orang kalau psikologi itu bisa baca pikiran orang, tau sifat orang, atau nerawang masa depan? Apa kalian berpikir seperti itu juga? Kalau begitu kalian salah gaes kalian salah banget. Salah nya dimana? Nih ya aku jelasin

Psikologi sekarang itu termasuk ilmu empiris artinya ilmu yang bisa dikaji secara ilmiah atau bisa di hitung bukan tebak tebakan. Jadi, psikologi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang aspek mind (pikiran), body (tubuh), dan behaviour (perilaku). 

Jadi ada prosesnya untuk mengetahui perilaku seseorang dengan melihat kondisi tubuhnya dan melihat kondisi jiwa/pikirannya. Jadi bukan hanya sekedar tebak tebakan ya gaes. Untuk lebih jelasnya aku akan buat point point dibawah untuk memperjelas Psikologi di masa sekarang

1. Psikologi adalah ilmu empiris.
2. Predisposisi alami (nature) dan pengaruh lingkungan (nurture) berinteraksi membentuk perilaku.
3. Pengaruh otak dan kapasitas mental tidak bisa terpisahkan.
4. Revolusi dalam biologi turut menambah khasanah ilmu psikologi.
5. Kapasitas mental bersifat adaptif.
6. Kajian psikologi melintasi sekat-­sekat keilmuan.
7. Banyak hal yang mempengaruhi cara berpikir, emosi, dan perilaku tanpa disadari

0 komentar:

Post a Comment