Sunday, October 16, 2016

Perdebatan Nature vs Nurture

Di pos sebelumnya aku ada menulis tentang Nature dan Nurture. Perlu kalian ketahui gaes kalau Nature itu adalah pengaruh karena gen sedangkan Nurture itu adalah pengaruh karena lingkungan. Yang diperdebatkan disini adalah "Mana yang paling berpengaruh? Nature atau Nurture? Gen atau Lingkungan? Dalam membentuk sifat atau karakter manusia". Beberapa ahli berpendapat jika Nature lah yang lebih berperan karena gen itu langsung masuk ke dalam tubuh seseorang tapi ada beberapa ahli mengatakan kalau Nurture lah lebih berpengaruh karena seseorang cenderung mengikuti tingkah perilaku lingkungannya.

Jadi sampe sekarang pun perdebatan ini masih sering dipertanyakan tetapi dengan mengambil kesimpulan bahwa Nature atau Nurture sama sama memiliki pengaruh besar terhadap seseorang. Nah saya akan memberi contoh suatu perilaku yang disebabkan oleh Nurture (lingkungan).


Coba tebak garis manakah yang paling panjang? Yang atas?

Jawabannya adalah garis tersebut sama panjangnya. Ini adalah Muller-Lyer Illusion yang membuat mata kita seolah melihat garis atas yang panjang tetapi ilusi ini tidak berpengaruh pada orang orang primitif dikarenakan ilusi ini hanya bekerja pada orang orang yang hidup dengan melihat bangunan bangunan geometri sementara orang primitif yang tidak sering melihat bangunan bangunan geometri tidak akan terpengaruh. Ini yang dinamakan pengaruh lingkungan ataupun Nurture.

Baik lah terima kasih telah mampir ke blog-ku, semoga ilmu nya bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment