Saturday, October 22, 2016

Otak dan Struktur Otak

Otak
Otak adalah organ yang sangat penting untuk manusia, diibaratkan otak itu adalah CPU-nya komputer yang jika tidak ada CPU maka komputer tidak bisa menjalankan program programnya. Begitu juga otak, tanpa otak kita tidak akan bisa menjalankan sistem yang ada pada diri kita secara optimal seperti memori, merasakan, mendengar, hingga bergerak. Itu dikarenakan otak merupakan sistem saraf pusat manusia yang terdiri dari 100 milyar sel saraf dimana terdapat sekitar seribu hingga sepuluh ribu sinapsis untuk setiap sel saraf. Untuk perkembangannya sendiri, otak akan berkembang tiga kali lipat pada usia 1 tahun dan berkembang penuh pada usia 18 tahun. Berat otak mencapai 1,36kg atau setengah berat kulit manusia walaupun beratnya mencapai segitu 3/4 bagian otak adalah air.

Struktur Otak
Otak memiliki 2 hemisfer, yaitu hemisfer kanan dan hemisfer kiri yang dihubungkan dengan corpus collosum. 

  1. Lalu otak besar (cerebrum) dapat dibagi menjadi empat lobus, yaitu lobus frontalis, parietalis, temporalis, dan oksipitalis.
  2. Cerrebelum adalah otak kecil
  3. Brainsteam (batang otak) terdiri dari otak tengah (midbrain), pons, dan medulla oblongata.


Adapun fungsi dari bagian otak besar (cerrebrum) diatas antara lain:
  • Lobus frontalis (bagian depan) : mengendalikan gerak otot dan berpikir
  • Lobus parietalis (bagian tengah) : pengatur perubahan pada kulit dan otot
  • Lobus temporalis (bagian samping) : sebagai pusat pendengaran, penciuman, dan pengecap
  • Lobus oksipitalis (bagian belakang) : sebagai pusat penglihatan


Cerrebelum : memiliki fungsi sebagai pusat keseimbangan.

Brainsteam atau batang otak mengatur fungsi dasar dari manusia seperti denyut jantung, suhu tubuh, proses pencernaan, dll. Brainsteam seperti penjelasan diatas tadi memiliki beberapa bagian yang juga mempunyai fungsi masing masing:
  • Otak tengah (mid brain) : mengatur gerakan mata, respon penglihatan, memperbesar pupil, mengatur gerakan tubuh , dan pendengaran
  • Pons : merupakan stasiun yang mengirimkan data menuju pusat otak, pons ini memiliki fungsi untuk mengatur kita terjaga atau tertidur
  • Medulla oblongata : mengontrol fungsi otomatis otak

Lalu ada juga bagian luar otak yang disebut cortical cortex (korteks) dan untuk bagian yang lebih dalam dari korteks ialah subkorteks diantaranya adalah hipotalamus, talamus, bangsal ganglia, amigdala, dan hipokampus. Adapun fungsi dari bagian bagian otak tersebut adalah:
Hypothalamus : mengatur fungsi tubuh
Thalamus : pintu gerbang sensori
Bangsal ganglia : gerakan
Amygdala : emosi
Hippocampus : memori

Oke gaaes disini aja dulu penjelasanku terima kasih ya udah baca semoga ilmunya bermanfaat:)


0 komentar:

Post a Comment